Langkah Memulai Online Shop Bagi Pemula




Hai selamat dataang readers :)

Mumpung aku lagi nganggur nih di kantor, aku mau share Tips tentang 'Langkah Memulai Online Shop Bagi Pemula'





Kenapa aku mau share ini? Karena beberapa hari lalu, ada teman dunia maya bertanya di suatu Grup di Facebook tentang 'Gimana sih caranya untuk memulai Online Shop? Langkah-langkahnya apa saja??'



Ya seperti yang anda tahu, bahwa saat ini sedang gempar Belanja Online yg biasa orang sebut Online Shop / Olshop.
Pelaku Online Shop sendiri tidak hanya orang-orang tertentu. Saat ini Online Shop bisa dijalankan oleh siapapun. Mulai dari remaja hingga dewasa. 
Dan barang yang mereka jual pun beragam. Mulai dari Barang, Jasa, Aplikasi, Makanan, Dll.
Menjalankan Bisnis Online itu terlihat mudah, Bekerja hanya di depan Laptop/PC, Terima Orderan, Beres. Tapi yg perlu anda ketahui bahwa menjalankan Bisnis Online ini bukanlah hal yg mudah. Perlu Trik & Strategi untuk memasarkan Produk yg kita punya agar lebih dikenal banyak orang.

1. Yang Diperlukan


Hal pertama yang diperlukan untuk memulai Online Shop adalah :



  • Gadget - Kenapa gadget? Karena gadget merupakan faktor utama yg diperlukan untuk menjalani Bisnis Online. Melalui gadget kita bisa terhubung melalu banyak media terutama Media Sosial. Seperti misalnya Facebook, Instagram, Twitter, Path, BBM, Dll.
  • Penjualan - Sebelum anda menjual sesuatu, pasti anda sudah memikirkan barang apa yg nantinya akan anda jual? Ini penting, karena apabila anda tidak tahu barang apa yg akan anda jual, anda akan kesusahan dalam hal memasarkannya nanti.
  • Pemasaran - Dalam menjual sesuatu, anda pasti sudah tahu target pemasaran anda. Akan anda tawarkan ke kalangan manakah barang yg sedang anda jual? Ke Kalangan Ibu-ibu? Remaja? Anak-anak? Atau Pria? Anda sudah harus menentukan target pemasaran agar saat anda menjual barang tersebut, akan terasa lebih mudah dengan adanya target.
  • Mental - Melakukan kegiatan Jual/Beli dibutuhkan mental yg kuat. Kenapa? Karena pada saat hal-hal yg tidak diinginkan terjadi pada Online Shop anda. Anda akan lebih tahu cara mengatasi permasalahan tsb. Seperti misalnya Customer Komplain tentang barang yg di terima. Anda harus lebih sabar dan tenang menghadapi Customer yg sedang mengkomplain anda. Jangan anda tersulut emosi pada saat menerima Komplain Pelanggan. Karena Customer tidak semuanya sama. Ada Customer yg lebih bisa menerima, ada juga yg tidak bisa menerima.

2. Modal

Usaha sekecil apapun pasti dibutuhkan yg namanya Modal. Dari modal ini anda akan lebih bisa mengembangkan pemasaran Online Shop anda. Anda bisa memilih jenis barang yg akan anda jadikan Stock sesuai modal yg anda miliki. "Saya Belum Punya Modal Sama Sekali. Apa Bisa Saya Tetap Berjualan?" Hal ini seringkali ditanyakan oleh calon Pelaku Online Shop. Tentu anda tetap bisa menjalankan Online Shop anda 'Tanpa Modal'. Caranya? Jadilah Reseller/Dropshipper.
  • Reseller/Dropshipper - adalah seseorang yang menjualkan kembali barang dari Distributor kepada para Customer mereka dengan harga yg sudah ditentukan tanpa harus Stock barang sendiri. Intinya adalah anda hanya perlu banyak-banyak berpromosi kepada Customer tentang Produk anda. Apabila ada Customer yg berminat untuk Order, anda langsung hubungi Distributor anda, dan kirim rekapan pesanan anda dari Customer anda, setelah itu Distributor akan mengirim barang pesanan langsung ke Customer anda dengan nama Online Shop anda.
http://blog.epeken.com/wp-content/uploads/2015/08/sistem-dropship_2.png




3. Informasi

Jika anda sedang menjalankan Online Shop, anda wajib mencantumkan informasi selengkap-lengkapnya. Seperti misalnya Alamat, Kota Pengiriman, No.Telp, dan Contact Person lainnya. Tidak hanya informasi personal, namun juga informasi barang. Seperti misalnya Baju, cantumkan dengan jelas Bahan, Ukuran, Harga produk tersebut. Agar Customer bisa lebih mengerti dan memahami bagaimana kira-kira barang yg akan dia pesan.

4. Rekening

Rekening menjadi hal paling utama pada artikel kali ini. Kenapa? Karena dengan rekening anda akan lebih mudah melakukan transaksi dengan Customer maupun dengan Distributor. Tidak hanya rekening, dijaman yg canggih ini beberapa Bank di Indonesia mulai mengeluarkan aplikasi canggih untuk mempermudah anda bertransaksi. Seperti misalnya M-Banking (Mobile Banking) dan I-Banking (Internet Banking). M-banking & I-Banking akan mempermudah anda untuk mengecek mutasi pemasukan anda. Jadi dari sini anda akan bisa tahu terjadinya transaksi keluar/masuknya uang lebih detail.

Sepertinya sampai disini dulu artikel yg aku tulis, mohon maaf apabila ada kata-kata yg  kurang berkenan. Semoga bermanfaat ya guys ^^
See you next time ^^

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

My name is Edithyastika, i'm 22 y.o. Live in Surabaya, i was blogging since 2014. Interested in Photography, Makeup and Culinary. Any question please email me : edithyastika@gmail.com

0 Comment:

Post a Comment